In the Name of Allah, The Most Gracious, Ever Merciful.

Love for All, Hatred for None.

Browse Al Islam

Islam : Agamaku

Oleh : B.A. Rafiq

Pengetahuan Umum Agama bagi Anak-Anak
1992 Islam International Publications

Daftar Isi :

  1. Islam
  2. Lima Rukun Iman
  3. Lima Rukun Islam
  4. Ahmadiyah – Kebangkitan Islam

ISLAM

T – Apa arti kata ‘Islam’ ?

J – Islam berasal dari suatu kata bahasa Arab yang secara harfiah berarti kepatuhan dan damai. Jadi, ‘Islam’ berarti jalan bagi orang-orang yang patuh kepada Allah dan menegakkan perdamaian dengan Dia dan makhluk-Nya.

T – Disebut apakah seorang pemeluk agama Islam ?

J – Dia disebut Muslim

T – Siapa yang memberikan nama Islam bagi agama kita ?

J – Allah yang memberikan nama Islam bagi agama kita.

T – Dapatkah kamu kutip ayat Al-Quran dimana nama Islam telah dinyatakan bagi agama kita ?

J – Ya. Surah 5 ayat 4, Allah menamakan agama kita sebagai Islam.

T – Apakah hal-hal yang utama dalam Islam ?

J – Islam adalah agama yang sempurna. Ajaran Islam adalah ajaran yang sederhana dan mudah dipraktekkan oleh setiap orang. Islam memberikan alasan-alasan atas setiap perintah dan ajarannya. Al-Quran adalah kalam Allah dan merupakan kitab suci bagi kaum Muslim. Kitab ini sama persisnya dengan apa yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. Allah telah berjanji akan menjaga kitab ini.

LIMA RUKUN IMAN

Saya percaya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan Hari Akhirat.

T – Apakah iman itu ?

J – Iman berarti percaya atau yakin. Orang yang yakin/percaya disebut Mukmin.

T – Apakah rukun Iman yang utama dalam Islam ?

J – Berikut ini adalah rukun Iman yang utama dalam Islam :

Percaya kepada Allah yang Esa

Percaya kepada malaikat-malaikat-Nya

Percaya kepada kitab-kitab-Nya

Percaya kepada rasul-rasul-Nya

Percaya kepada Hari Akhirat

Allah

T – Siapakah pencipta alam semesta ini ?

J – Allah yang menciptakan segala sesuatu.

T – Katakan padaku lebih banyak mengenai Allah

J – Allah adalah Maha Esa dan Maha Perkasa. Hanya Dia-lah yang layak untuk disembah. Dia tidak memiliki sekutu. Dia tidak memperanakkan dan tidak pula Dia diperanakkan. Dia adalah Abadi. Dia mendengar dan mengabulkan doa-doa kita. Dia memberi kehidupan dan penyebab kematian. Dia menciptakan kita dalam sebaik-baiknya bentuk. Dia tidak memiliki istri maupun anak. Dia adalah Sempurna. Dia menyayangi kita semua dan memberi ampunan. Dia memiliki pengetahuan atas segala sesuatu. Dia mengirimkan petunjuk-Nya melalui para Nabi-Nya. Dia adalah Rajanya Hari Pembalasan. Tidur dan lalai tidak pernah menguasai-Nya. Dia bukanlah awal maupun akhir. Dia Maha Mengetahui dan Maha Melihat segala sesuatu.

T – Apakah sifat-sifat utama Tuhan ?

J – Ada empat sifat utama-Nya seperti disebutkan dalam surah Al-Fatihah, surat pertama dalam Al-Quran, yaitu : Rabbil-‘Alamiin (Tuhan semesta alam), Ar-Rahmaan (Maha Pemurah), Ar-Rahiim (Maha Penyayang), Malik-I-yauwmiddiin (Yang Empunya Hari Pembalasan).

T – Apakah arti dari susunan kata itu ?

J - Rabbil-‘Alamiin berarti ‘Tuhan semesta alam’, Ar-Rahmaan berarti ‘Maha Pemurah’, Ar-Rahiim berarti ‘Maha Penyayang’, dan Malik-i-yauwmiddiin berarti ‘Yang Empunya Hari Pembalasan’.

 

T – Bagaimana kita dapat menjalin hubungan dengan Dia ?

J – Dengan mentaati-Nya dan senantiasa berdoa kepada Dia

T – Apakah Allah berbicara kepada orang ?

J – Ya. Dia menjawab doa-doa kita. Barangsiapa yang taat kepada-Nya dan berbuat kebajikan akan diistimewakan dengan diberi pengabulan atas doa-doa mereka.

T – Dalam bahasa apa seharusnya kita berdoa kepada Tuhan ?

J – Seseorang dapat berdoa kepada-Nya dalam bahasa apa saja yang disukainya. Dia mengetahui semua bahasa. Dia adalah Pencipta dari semua bahasa.

T – Dimanakah Allah ?

J – Allah ada dimana-mana. Dia melihat kita setiap saat tetapi kita tidak dapat melihat Dia dengan mata jasmani kita.

 

Malaikat-malaikat Allah

T – Apakah malaikat itu ?

J – Malaikat-malaikat diciptakan oleh Allah. Mereka adalah makhluk spiritual. Mereka hanya mematuhi perintah-perintah Allah. Mereka berjumlah sangat banyak dan diperintahkan menjalankan berbagai macam tugas oleh Allah. Mereka juga diutus oleh Allah untuk membantu Nabi-Nabi-Nya dan pengikut para Nabi.

T – Sebutkan beberapa nama malaikat Allah yang terpenting

J – Ada empat nama malaikat Allah yang terpenting yaitu : Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail.

 

T – Apakah kita menyembah malaikat ?

J – Sama sekali tidak. Kita hanya menyembah Allah. Tidak ada satupun atau apapun juga yang patut disembah kecuali Allah.

T – Siapakah nama malaikat yang membawa wahyu Allah kepada Nabi Muhammad saw ?

J – Hazrat Jibril

 

Kitab-kitab Allah

 

T – Apakah yang dimaksud dengan kitab-kitab Allah ?

J – Allah memberi petunjuk-Nya kepada manusia dari waktu ke waktu. Petunjuk ini disampaikan kepada umat manusia melalui Nabi-Nabi Allah. Petunjuk itu berisi hukum-hukum bagi kehidupan kita sehari-hari. Hukum dan peraturan ini disebut Kitabullah. Kita harus percaya pada semua kitab Allah.

T – Kitab-kitab apa yang diketahui oleh kita ?

J – Kitab-kitab yang dikenal dengan baik adalah sebagai berikut : Al-Quran adalah kitab yang terakhir dan sempurna. Al-Quran diwahyukan kepada Nabi Suci Muhammad saw. Al-Quran diwahyukan selama 23 tahun sedikit demi sedikit. Taurat diberikan kepada Nabi Musa (Moses) as. Mazmur atau Zabur diberikan kepada Nabi Daud (David) as. Perjanjian Baru atau Injil diberikan kepada Nabi Isa (Yesus) as. Mushaf diberikan kepada Nabi Ibrahim (Abraham) as.

T – Apakah kandungan utama dari Al-Quran ?

J – Al-Quran adalah suatu kitab petunjuk bagi kita semua. Setiap kata dalam Al-Quran adalah perkataan Allah. Al-Quran tetap terpelihara seperti bentuk aslinya sebagaimana janji Allah atas kemurnian Al-Quran (15:10). Al-Quran terpelihara dalam ingatan (memori) Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya ra. Selalu ada ribuan orang di setiap masa yang belajar dan mengingat seluruh isi Al-Quran dengan hatinya. Praktek seperti itu masih terus berlanjut sampai sekarang. Al-Quran adalah dalam bahasa Arab. Karakteristik dan bahasa Al-Quran sangat bermutu. Al-Quran telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa termasuk Indonesia. Al-Quran mengandung banyak nubuatan (ramalan) mengenai masa depan manusia dan juga merupakan suatu peraturan yang lengkap bagi tingkah laku kita. Barangsiapa yang mengikuti Al-Quran dapat menjadi orang yang berhasil dalam hidupnya. Kita wajib membaca dan merenungkan arti Al-Quran sesering mungkin sehingga kita dapat meraih keberhasilan dalam hidup kita. Al-Quran memiliki 114 surah dan terbagi dalam 30 juz.

T – Apakah akan ada kitab-kitab lain setelah Al-Quran yang akan membatalkan beberapa atau seluruh ajaran Al-Quran ?

J – Tidak ada sama sekali. Al-Quran adalah kitab yang paling lengkap dan sempurna. Tidak diperlukan lagi bagi manusia untuk mencari sesuatu yang lainnya karena Al-Quran memberikan petunjuk bagi segala aspek kehidupan. Al-Quran adalah kitab yang hidup dan akan selalu seperti itu selamanya.

 

T – Apakah ada saat ini kitab-kitab lain yang diwahyukan yang masih dalam bentuk aslinya ?

J – Tidak ada. Semua kitab-kitab itu telah berubah sebagian karena perbuatan para pengikutnya dan kitab-kitab itu bukanlah kitab yang asli. Beberapa kitab tidak lagi memiliki bahasa aslinya, seperti kitab Perjanjian Baru. Kita hanya dapat percaya bahwa kenyataannya kitab-kitab itu dalam bentuk aslinya mengandung pesan dari Allah, namun saat ini versi yang ada pada kitab-kitab itu selalu terbuka untuk dikritik.

 

Nabi-Nabi Allah

T – Siapakah Nabi itu ?

J – Dalam bahasa Arab ada dua kata digunakan untuk seorang Nabi. Rasul berarti ‘seorang pesuruh’ atau ‘utusan’, dan Nabi berarti ‘seseorang yang menerima dan menyampaikan Perintah Ilahi’. Kedua kata ini digunakan bagi orang yang dipilih oleh Allah untuk melakukan reformasi dan memberi petunjuk bagi manusia.

T – Sebutkan beberapa karakteristik dari seorang Nabi.

J – Para Nabi dipilih oleh Allah dari antara manusia. Mereka disiapkan sebagai contoh terbaik untuk tuntunan moral dan spiritual. Mereka mengajak manusia kepada Allah dengan cara : menyampaikan wahyu Tuhan kepada manusia dan juga menampilkan sunnah (contoh) suci dan kebajikan mereka. Merekalah sebenar-benarnya manusia. Hati mereka dipenuhi kecintaan kepada Allah dan ciptaan-Nya. Mereka semua menyatakan ke-Esa-an Allah dan mengajak orang untuk menyerahkan diri kepada-Nya dengan seutuhnya.

T – Siapakah pemimpin para Nabi ?

J – Muhammad saw adalah pemimpin para Nabi. Ia adalah Khaataman-Nabiyyin, yaitu Meterai para Nabi. Ia membawa petunjuk Allah yang sempurna bagi kita. Ia datang sebagai rahmat bagi umat manusia. Ia adalah contoh yang terbaik. Ia menampilkan kasih sayang tidak hanya kepada manusia namun juga kepada hewan-hewan.

T – Sebutkan beberapa nama dari para Nabi Allah.

J – Adam as, Ibrahim as, Nuh as, Musa as, Daud as, Sulaiman as, Isa as, Ahmad as.

T – Kapan Nabi Muhammad saw lahir dan wafat ?

J – Beliau lahir tanggal 20 April 570 M di Mekkah – Arabia, dan wafat pada umur 63 tahun di Medinah. Beliau di makamkan di Medinah.

T – Ceritakan padaku mengenai Nabi Muhammad saw.

J – Muhammad saw adalah seorang yatim piatu, ia mendapat pendidikan dari kakeknya Abdul Muthalib dan kemudian oleh pamannya Abu Thalib. Abdullah adalah nama ayahnya dan Aminah adalah nama ibunya. Ibunya meninggal ketika ia berumur enam tahun. Muhammad saw berumur dua puluh lima tahun ketika menikahi Khadijah yang berumur empat puluh tahun. Dari Khadijah ia memiliki beberapa anak.

Muhammad saw dulu biasa menyepi untuk bermeditasi di gua Hira yang letaknya beberapa mil dari kota Mekkah. Saat berumur empat puluh tahun beliau menerima wahyu dari Allah yang mana ia telah dipilih sebagai Nabi yang tugasnya untuk memperbaharui umat manusia. Beliau memulai misi kenabiannya dengan pertentangan dari semua orang kecuali beberapa orang saja yang berpihak padanya. Bahkan mereka menganiaya beliau dan membunuh beberapa pengikutnya. Mereka mentertawakan serta mencemoohkannya ketika beliau berkata kepada mereka mengenai tugas sucinya. Bahkan keluarga serta sanak saudaranya berbalik menentang beliau. Ia terus menjalankan pekerjaannya dalam kondisi seperti itu sampai tiba saatnya Allah memerintahkan beliau dan jemaahnya untuk meninggalkan Mekkah dan hijrah ke Medinah.

Penduduk Mekkah sangat menentang beliau dan bahkan mereka tidak membiarkan beliau pergi meninggalkan kota. Beliau bersama pengikutnya yaitu sahabat karibnya Abu Bakr memutuskan untuk meninggalkan Mekkah. Dalam suatu kegelapan malam mereka meninggalkan Mekkah dan bersembunyi selama hampir tiga hari dalam sebuah gua yang disebut Thur. Selama hari-hari itu kaum Mekkah terus berusaha mencari jejak mereka. Setelah tiga hari beliau dan Abu Bakr memulai perjalanan mereka ke Medinah. Setelah menetap di Medinah, beberapa lama kemudian datang suatu berita bahwa kaum Mekkah telah mempersiapkan tentara untuk menyerang Medinah serta untuk menghancurkan Islam dan pendirinya. Nabi saw dan para pengikutnya sangat kuatir ketika mendengar berita itu, namun mereka menyerahkan sepenuhnya keselamatan mereka kepada Allah. Peperangan pertama yang dilakukan oleh Nabi saw dan pengikutnya adalah perang Badar, karena peperangan itu terjadi dekat sumber mata air yang disebut Badar. Nabi saw memiliki 313 pengikut untuk melawan kaum Mekkah yang memiliki lebih dari 1000 orang. Peralatan Kaum Mekkah sangat lengkap sedangkan Nabi saw dan para pengikutnya tidak mempunyai cukup makanan dan perlengkapan. Kaum Kafir akhirnya kalah di tangan kaum Muslim dan mundur dalam keadaaan kacau-balau.

Setelah perang Badar, beliau menghadapi beberapa perang lainnya untuk mempertahankan diri sampai akhirnya beliau memasuki dan menaklukkan kota Mekkah pada tahun 630 M dan terjadi gencetan senjata untuk sementara waktu. Nabi Muhammad saw wafat di Medinah dalam usia 63 dan dikebumikan di sana. Hazrat Muhammad saw adalah suri tauladan yang sempurna untuk kita semua. Allah berkehendak menjadikannya contoh bagi kita semua sehingga Dia telah membuat beliau melewati berbagai macam tahapan kehidupan manusia. Beliau menampilkan kebajikan kepada istri-istrinya, mengampuni musuh-musuhnya dan meletakkan dasar-dasar persamaan bagi manusia. Beliau adalah komandan pasukan dan merupakan jenderal yang ulung. Beliau patuh kepada yang lebih tua dan baik hati kepada yang muda.

T – Apakah kedatangan Nabi Muhammad saw telah disebutkan dalam kitab-kitab lain ?

J – Ya. Nabi Musa as telah bersabda kepada Bani Israil bahwa Tuhan telah mengabarkan kedatangan Nabi saw dalam kalimat berikut ini : "Seorang Nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara sudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya" (Ulangan 18:18). Ini adalah nubuatan tentang Nabi saw yang diucapkan oleh Nabi Musa as sekitar tahun 1451 SM.

T – Dimana kita dapat membaca riwayat hidup Rasulullah saw ?

J – Dalam Al-Quran Karim dimana peristiwa-peristiwa utama dari kehidupan beliau telah disebutkan oleh Allah Sendiri dan juga dalam kitab-kitab Hadits, kitab yang menuliskan perkataan dan perbuatan beliau. Ada enam kitab utama Hadits yaitu Bukhari, Muslim, Tirmizi, Ibnu Majah, An-Nisai dan Abu Daud.

 

Hari Akhirat (Kebangkitan dan Penghakiman)

 

T – Apa yang kamu ketahui mengenai Hari Akhirat ?

J – Pada Hari Akhirat kita akan dibangkitkan kembali oleh Allah dan akan diberikan kehidupan yang baru. Dia akan mengganjar sesuai dengan amal perbuatan kita di dunia ini. Barangsiapa yang melakukan perbuatan baik dan taat kepada Allah dan rasul-Nya akan dianugerahkan kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan dan kedamaian abadi di Surga. Orang-orang yang menentang Allah dan rasul-Nya serta menghabiskan hidup mereka dalam keaniayaan maka ganjarannya adalah hukuman di Neraka.

T – Berapa lama seseorang akan tinggal di Surga dan Neraka ?

J – Surga adalah tanpa akhir. Neraka adalah menyerupai rumah sakit, dimana para pasien mendapat pengobatan untuk penyakit ruhaninya dan tinggal untuk waktu yang terbatas. Mereka akan dipindahkan ke Surga setelah mendapatkan pengobatan atas penyakit ruhaninya. Oleh sebab itu Neraka adalah memiliki waktu yang terbatas.

T – Apakah dosa itu ?

J – Setiap perbuatan disengaja yang menentang perintah Allah adalah sebuah dosa.

T – Apakah setiap manusia membawa dosa bawaan ?

J – Tidak. Setiap anak yang baru lahir di dunia ini tidak berdosa. Dosa hanya ada ketika manusia dengan sadar dan sengaja menentang hukum Allah, oleh sebab itu ia disebut pendosa.

T – Apakah para Nabi Allah berdosa ?

J – Tidak. Tidak pernah. Mereka semua terbebas dari dosa (maksum). Para Nabi adalah orang yang paling taat kepada Allah. Mereka adalah contoh terbaik bagi manusia dan mereka diutus tidak untuk menentang hukum-hukum Tuhan.

T – Bagaimana kita dapat mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk ?

J – Dengan membaca Al-Quran dan Hadits Rasulullah Muhammad saw.

T – Dapatkah kamu memberikan beberapa contoh amal perbuatan baik ?

J – Ya. Dalam Al-Quran, Allah memerintahkan kita untuk : teratur dalam menjalankan shalat sehari-hari, menampilkan kepatuhan kepada orang tua dan orang yang lebih tua, berkata yang benar, bersikap ramah kepada tamu, mencintai Rasulullah Muhammad saw dan para sahabatnya serta berdoa bagi mereka, mengajak orang lain berbuat baik dan berhenti dari berkata yang sia-sia serta tidak membuang waktu kita untuk mengejar sesuatu yang tidak berguna.

T – Dapatkah kamu sebutkan beberapa amal perbuatan yang termasuk dosa besar ?

J – Berikut ini adalah yang termasuk dosa besar :

 

Mempercayai manusia sebagai sekutu Allah

Durhaka kepada orang tua

Mencuri

Memberikan kesaksian dusta

Fitnah

Menghasut orang

Tidak jujur

Berkhianat

Berzinah

 

LIMA RUKUN ISLAM

Rukun Islam ada lima :

Bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan berziarah ke rumah Allah (Ka’bah).

Rukun Islam

T – Apakah prinsip-prinsip mendasar dalam Islam ?

J – Ada lima prinsip (rukun) dalam Islam :

Menyatakan kesaksian (syahadat) bahwa :

Tiada sesuatu yang patut disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah rasul-Nya.

Menjalankan Shalat

Membayar Zakat

Menjalankan Puasa di bulan Ramadhan

Menjalankan ibadah Haji ke Mekkah

T – Apakah rukun Islam yang pertama ?

J – Rukn Islam yang pertama adalah menyatakan bahwa tidak ada apapun yang layak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah rasul-Nya.

Sembahyang (Shalat)

T – Apakah rukun Islam yang ke dua ?

J – Rukun Islam yang kedua adalah kewajiban menjalankan Shalat

T – Berapa banyak kewajiban sembahyang dalam Islam ?

J – Ada lima kewajiban menjalankan shalat, yaitu : shalat Fajar (Shubuh), Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isha.

T – Kapan waktunya menjalankan shalat-shalat wajib itu ?

J – Shalat Shubuh (Fajar) adalah satu jam sebelum terbit matahari. Zuhur atau shalat siang dilakukan saat tergelincirnya matahari diatas kepala kita. Ashar atau shalat petang dilakukan dua jam sebelum terbenamnya matahari. Maghrib dilakukan segera setelah matahari terbenam. Isha atau shalat malam dilakukan setelah datangnya malam. Waktu-waktu shalat itu adalah kurang lebih demikian.

T – Apa yang dimaksud dengan shalat-shalat Nafal ?

J – Shalat ini adalah shalat pilihan (bukan wajib) yang dapat dilakukan kapanpun kecuali pada waktu-waktu yang terlarang untuk shalat nafal yaitu : Saat terbitnya matahari, saat matahari mencapai puncaknya (tepat diatas kepala kita), saat terbenamnya matahari, setelah shalat Ashar sampai Adzan Maghrib dan setelah shalat Shubuh sampai terbitnya matahari.

T – Disebut apakah orang yang memimpin shalat ?

J – Ia disebut Imam, yang arti harfiahnya adalah pemimpin.

T – Ada berapa jenis shalat dalam Islam ?

J – Ada tiga jenis shalat yaitu : Shalat Fardhu (Shalat yang wajib dijalankan karena adanya perintah Allah). Shalat Sunnah (Shalat yang dilakukan sebagai tambahan atau mengikuti shalat Fardu seperti yang dicontohkan secara teratur oleh Nabi Muhammad saw). Shalat Nafal adalah shalat pilihan seperti Tahajjud dll.

T – Manfaat apa yang dapat kita raih dari menjalankan shalat secara teratur ?

J – Al-Quran Karim mengatakan bahwa shalat yang teratur dapat mencegah perbuatan-perbuatan yang keji dan munkar. Shalat adalah sarana terbaik untuk penyucian diri. Shalat dapat membawa kita lebih dekat kepada Sang Pencipta dan membuat kita patuh kepada-Nya. Shalat membawa kedamaian dalam kalbu serta menghilangkan kekuatiran dalam hati kita. Shalat membuat hidup kita terarah dan teratur.

 

Zakat

T – Apakah Zakat itu ?

J – Zakat adalah suatu jenis pajak yang dibayar secara tunai atau dalam bentuk lainnya oleh orang Islam atas sejumlah harta minimum yang dimilikinya seperti uang, emas, perak atau binatang ternak dimana harta tersebut telah dimiliki selama satu tahun.

T – Berapakah tarif tahunan Zakat untuk uang, emas dan perak ?

J – Tarif tahunannya adalah dua setengah persen.

 

Puasa di bulan Ramadhan

T – Apakah puasa itu ?

J – Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum sejak terbit sampai terbenamnya matahari demi untuk meraih keridhaan Tuhan.

T – Dapatkah setiap orang menjalankan puasa ?

J – Ya, kecuali orang tidak sah/wajib untuk puasa (sakit, cacat, berhalangan dll), orang gila, anak-anak atau orang yang sedang dalam perjalanan. Namun barang siapa yang tidak menjalankan shalat karena sakit atau ketidak-mampuannya karena sebab tertentu atau karena sedang dalam perjalanan maka diharuskan berpuasa di hari lain sebanyak puasa yang ditinggalkannya. Barang siapa yang tidak mampu menjalankan puasa selama bulan Ramadhan maka ia harus memberikan makan fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan selama bulan puasa tersebut.

T – Apakah nama bulan diwajibkannya berpuasa ?

J – Bulan Ramadhan

T – Apakah kita harus berpuasa hanya dalam bulan itu saja ?

J – Kita dapat berpuasa kapan-pun kita suka sepanjang tahun. Bulan Ramadhan adalah bulan diwajibkannya kita berpuasa.

T – Apakah manfaat dari berpuasa ?

J – Puasa adalah baik bagi kesehatan jasmani dan ruhani kita. Puasa mengajak kita berdisiplin diri dan menambah kekuatan jasmani dan ruhani. Puasa mengukuhkan rasa simpati kemanusiaan kita. Adalah suatu kebajikan yang besar untuk menahan rasa lapar dan haus demi kemenangan untuk mendapatkan ridha Allah.

T – Apakah puasa sunnah yang dijalankan oleh Nabi Muhammad saw ?

J – Rasulullah Muhammad saw biasa menjalankan puasa sunnah sebagai berikut :

 

Puasa enam hari di awal bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan)

Puasa tiga hari dipertengahan setiap bulan

Puasa pada hari ke sembilan di bulan Dzulhijjah

Puasa pada hari ke sembilan/sepuluh di bulan Muharram.

 

T – Apakah nama shalat sunnah berjemaah yang dilakukan selama bulan Ramadhan ?

J – Shalat itu dinamakan Tarawih. Terdiri dari delapan rakaat dan dilaksanakan setelah shalat Isha, namun dapat juga dilaksanakan kemudian di tengah malam.

T – Apakah I’tikaf itu ?

J – Seseorang yang dapat menghabiskan sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan dengan tinggal di mesjid disebut Mu’takif. Selama tinggal sepuluh hari di mesjid dan mempersembahkan seluruh waktunya hanya beribadah dan mengingat Allah disebut I’tikaf.

 

Ibadah Haji

T – Apakah ibadah Haji atau ziarah ke Mekkah itu ?

J –Adalah kewajiban bagi semua orang Islam yang mampu menjalankannya untuk menunaikan ibadah Haji ke Mekkah paling sedikit sekali selama hidupnya.

T – Apakah Umrah itu ?

J – Umrah adalah suatu kunjungan ke kota Mekkah yang dapat dilakukan kapan saja dengan berpakaian Ihram untuk melakukan Thawaf (mengitari) di K’abah dan Sai (berlari-lari kecil) di antara bukit Shafa dan Marwah.

T – Kegiatan apa saja yang dilakukan saat Haji ?

J – Berpakaian Ihram dan mengalunkan Talbiyyah. Tinggal di padang Arafah dari sore hari sampai terbenamnya matahari pada tanggal 9 Zulhijjah. Menjalankan Thawaf dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 12 Zulhijjah. Memotong hewan qurban pada tanggal 10 Zulhijjah.

T – Apakah Ihram itu ?

J – Ihram artinya berpakaian dengan menggunakan dua lembar kain tanpa jahitan. Ibadah Haji dan Umrah hanya dapat dilakukan dengan berpakaian Ihram. Perempuan tidak diperkenankan berpakaian Ihram.

T – Apakah Talbiyyah itu ?

J – Merupakan doa yang berulang-ulang dilakukan : "Aku sambut panggilan-Mu ya Allah, aku sambut panggilan-Mu Aku sambut panggilan-Mu, sesungguhnya tiada sekutu bagi-Mu, aku sambut panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, segala kenikmatan dan kerajaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu".

 

T – Apakah Thawaf itu dan bagaimana menjalankannya ?

J – Thawaf artinya mengitari Ka’bah sebanyak tujuh kali, dimulai dari posisi sebelah kanan Hajar Aswad (Batu Hitam). Pada setiap akhir putaran, kalau memungkinkan Hajar Aswad boleh dicium, dan kalau tidak memungkinkan, maka dilakukan secara simbolis saja.

T – Apakah Ka’bah itu ?

J – Ka’bah adalah suatu tempat yang sangat kuno yang ditetapkan untuk pertama kalinya di dunia ini sebagai tempat untuk melakukan penyembahan kepada Tuhan. Ka’bah dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as sekitar empat ribu tahun yang lalu. Semua orang Islam di seluruh dunia menghadapkan wajahnya ke arah Ka’bah ketika melakukan shalat.

 

AHMADIYAH – SUATU KEBANGKITAN ISLAM

Aku datang untuk menyampaikan kebenaran Islam dan meyakinkan orang atas keindahan Islam, dan mengajak mereka kepada air mancurnya serta menyegarkan jiwa mereka dengan airnya. Aku tidak membawa hukum atau perintah baru. Al-Quran adalah ajaran terakhir dari hukum-hukum Ilahi dan Muhammad (shalallahu alaihi wa salaam) adalah rasul-Nya yang terakhir membawa syariat. Aku adalah utusan-Nya namun tanpa membawa syariat baru; dan aku adalah seorang rasul tanpa kitab; dan tujuan tunggal kedatanganku adalah untuk mengkhidmati Islam dan menyebarkannya serta membersihkan debu yang ada pada wajah cemerlangnya sebagai akibat dari pikiran-pikiran yang berkecamuk dalam diri manusia selama hari-hari belakangan ini.

AHMAD DARI QADIAN

(Al-Masih yang Dijanjikan dan Mahdi)

Ahmadiyah

 

T – Apakah Ahmadiyah itu dan siapa pendirinya ?

J – Pergerakan Ahmadiyah dalam Islam didirikan oleh Hazrat Mirza Ghulam Ahmad dari Qadian pada tahun 1889. Hal ini telah dinubuatkan (diramalkan) oleh Nabi Besar Muhammad saw bahwa ketika nilai-nilai moral dan spiritual mengalami kemunduran diantara orang Islam di akhir zaman, Al-Masih dan Mahdi akan hadir untuk menghidupkan Islam. Ia akan menampilkan Islam dalam keindahan dan kemurnian sesuai aslinya serta menjadikan Islam unggul diatas agama-agama lainnya. Ahmadiyah juga telah dinubuatkan oleh Nabi Muhammad saw bahwa melalui Masih Mau’ud (Al-Masih yang Dijanjikan) agama Islam akan tersebar di dunia Barat. Hazrat Mirza Ghulam Ahmad mendakwakan dirinya bahwa ia adalah Al-Masih dan Mahdi sebagaimana dinubuatkan oleh Nabi Besar Muhammad saw.

T – Ceritakan lagi padaku tentang Hazrat Mirza Ghulam Ahmad dari Qadian.

J – Hazrat Mirza Ghulam Ahmad lahir pada tahun 1835 di Qadian (India). Ia berasal dari keluarga terhormat keturunan dinasti Mughal. Ayahnya adalah pemimpin di Qadian. Ia dilahirkan dalam zaman ketika hanya ada sedikit pendidikan yang tersedia. Tidak ada sekolah umum maupun akademi di kota-kota kecil di India. Ayahnya sangat ingin memberi pendidikan kepadanya sehingga ia mempekerjakan seorang guru bernama Fazli Elahi untuk mendidiknya. Dari gurunya ia belajar membaca Al-Quran dan sedikit belajar membaca buku-buku berbahasa Persia. Ketika berumur sepuluh tahun ia diajar tata-bahasa Arab dan beberapa buku lainnya oleh seorang guru bernama Fazi Ahmad. Ia juga mempelajari beberapa buku tentang pengobatan, logika dan filsafat dari seorang guru lain bernama Gul Ali Shah.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, ia diminta oleh ayahnya agar dapat bekerja di pemerintahan. Untuk mematuhi keinginan ayahnya, ia menawarkan dirinya untuk bekerja di kantor Wakil Komisaris di kota Sialkot. Namun kemudian ia menyadari bahwa pekerjaan ini tidak cocok dengan dirinya. Ia lalu mengundurkan diri dan kembali ke Qadian. Ia kemudian menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mempelajari Al-Quran, kitab-kitab Hadits dan literatur-literatur agama. Ia menyukai kesendiriannya dan menjauhkan diri dari kehidupan duniawi serta menemukan keasyikannya dengan melakukan ibadah kepada Allah.

Ayahnya wafat ketika ia berumur lebih dari 40 tahun. Sebelum ditinggalkan oleh ayahnya, ia telah diperingatkan Tuhan melalui wahyu. Kematian ayahnya begitu menyakitkan serta membuatnya sangat sedih. Selagi ia memikirkan masa depannya setelah kewafatan ayahnya, terlintas dalam hatinya siapa yang akan memenuhi kebutuhannya (sebagai pengganti ayahnya). Kemudian diterimanya wahyu ini :

 

Apakah Allah tidak cukup bagi hamba-Nya ?

Wahyu ini sangat membesarkan hati dan ia diyakinkan bahwa Allah tidak akan membiarkannya menderita. Sejak permulaan dalam hidupnya, Hazrat Ahmad telah dihadapkan pada keadaan kaum Muslim yang sangat mengkuatirkan. Orang-orang Kristen dan Hindu sedang membuat serangan kotor kepada Pendiri agama Islam saw dan Al-Quran Suci. Bahkan kaum Kristen mengumumkan bahwa dalam waktu singkat panji Kristus akan dinaikkan di seluruh India dan Arabia. Disisi lain, kaum Muslim sedang mengalami hilangnya keyakinan dalam segala aspek spiritual. Masih Mau’ud (Al-Masih yang Dijanjikan) datang memecah salib untuk membela Islam. Ia banyak menulis buku-buku, pamflet dan selebaran untuk membela Islam serta membuktikan keunggulan Islam diatas semua ajaran agama lain. Buku pertamanya yang berjudul Barahin Ahmadiyah diterima oleh kaum Muslim dengan sangat antusias. Mereka menyebutnya sebagai Singa Islam. Kaum Kristen dan Hindu menjauhkan diri ketika menghadapi beliau dimanapun berada.

Hazrat Ahmad menikah dua kali dan mempunyai tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Dua anak laki-laki dan seorang anak perempuannya meninggal ketika masih kanak-kanak. Ia telah menubuatkan mengenai kelahiran seorang anak laki-lakinya yang sangat termasyhur yang telah lahir pada tanggal 12 Januari 1889 dan diberi nama Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad. Hazrat Ahmad membuka tantangan kepada para pengikut agama-agama lain untuk datang dan beradu argumentasi dengannya mengenai keunggulan Islam diatas agama-agama lain. Tidak seorangpun muncul. Ia dianugerahi mukjizat dalam menulis. Ia banyak menulis buku dalam bahasa Arab dan menantang para sarjana Arab untuk membuat karangan yang serupa dengan tulisan-tulisannya. Ia juga membawa ribuan nubuatan dimana banyak yang telah genap selama beliau hidup. Juga masih banyak nubuatan yang tergenapi setelahnya dan masih ada nubuatan lainnya yang belum tergenapi. Hazrat Ahmad menghabiskan seluruh hidupnya untuk melayani Islam. Ia adalah pejuang besar dalam Islam. Pengetahuannya mengenai Al-Quran sungguh menakjubkan. Ia memiliki keluasan ruhani dan pengetahuan agama yang dianugerahkan oleh Allah kepadanya. Hazrat Ahmad wafat pada tanggal 25 Mei 1908 di Lahore dan beliau dikebumikan pada hari berikutnya di Qadian.

T – Siapakah penerus (Khalifah) Hz. Masih Mau’ud ?

J – Hz. Alhaj Maulvi Nuuruddin adalah Khalifah yang pertama. Hz. Alhaj Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad adalah Khalifah yang kedua. Hz. Hafiz Mirza Nasir Ahmad adalah Khalifah yang ketiga dan Hz. Mirza Tahir Ahmad sekarang adalah Imam Jemaat Ahmadiyah dan merupakan Khalifah yang keempat.

T – Ceritakan mengenai Hz. Maulvi Nuuruddin.

J – Hz. Maulvi Nuuruddin lahir pada tahun 1841 di Bhera (Pakistan). Ayahnya bernama Ghulam Rasul. Ia adalah seorang ulama besar yang menguasai bahasa Arab dan Persia. Ia telah menjelajah seluruh India dalam mencari ilmu. Ia juga pernah tinggal beberapa tahun di Mekkah dan Medinah ketika mempelajari ilmu-ilmu Hadits dan tentang keagamaan. Ia adalah seorang ahli pengobatan (tabib) yang handal dan merupakan tabib pribadi bagi Maharaja Kashmir untuk beberapa tahun lamanya. Ketika Masih Mau’ud wafat, ia kemudian dipilih sebagai Khalifah oleh semua anggota jemaat. Ia wafat pada hari Jumat tanggal 13 Maret 1914.

T – Ceritakan mengenai Hz. Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad.

J – Ia adalah Khalifah yang kedua dan merupakan putera yang dijanjikan dari Hz. Masih Mau’ud. Ia lahir pada tanggal 12 Januari 1889 di Qadian. Setelah wafatnya Hz. Maulvi Nuuruddin, ia terpilih sebagai Khalifah Al-Masih yang kedua pada tanggal 14 Maret 1914. Hz. Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad adalah seorang ulama besar dalam ilmu Al-Quran dan tafsirnya mengenai Al-Quran sangat khas. Ia adalah seorang ahli pidato. Ia juga seorang penulis yang ulung. Ia banyak menulis bermacam-macam buku hal-hal keislaman. Ia adalah seorang yang sangat cerdas. Ia mengorganisir anggota jemaat dengan keras dan disiplin. Pada waktu kepemimpinannya misi-misi Ahmadiyah didirikan di luar India. Ia wafat pada tanggal 9 November 1965.

T – Ceritakan tentang Hz. Mirza Nasir Ahmad

J – Hz. Hafiz Mirza Nasir Ahmad lahir pada bulan November tahun 1909. Ia mendapatkan pendidikan di India dan Oxford. Sebelum terpilih sebagai Khalifah, ia banyak berkhidmat dalam jemaah dengan berbagai macam jabatan. Ia adalah seorang pencinta alam. Pengetahuannya tentang Al-Quran dan Hadits sangat mengagumkan. Ia juga adalah seorang administrator yang baik. Ia menggagas Rencana Nusrat Jihan. Dalam rencana ini, banyak dibuka pusat-pusat pengobatan dan sekolah-sekolah menengah atas (SMU) di negara-negara Afrika Barat seperti Nigeria, Ghana, Sierra Leone, Liberia, Ivory Coast (Pantai Gading) dan Gambia. Ia wafat di Rabwah, Pakistan pada tahun 1982.

T – Siapakah pemimpin Gerakan Ahmadiyah dalam Islam sekarang ?

J – Ia adalah Hz. Mirza Tahir Ahmad. Ia lahir pada tanggal 18 Desember 1928 di Qadian, Punjab – India. Ia mendapatkan pendidikan pertamanya di Qadian. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Government College, Lahore – Pakistan.

 

Pada tahun 1955 ia pergi ke London dan belajar ilmu-ilmu Oriental dan Afrika di Universitas London. Ia kembali ke Pakistan pada tahun 1957. Sekembalinya, kemudian ia terpilih sebagai Ketua Majelis Khuddamul Ahmadiyah (Internasional) dan kemudian sebagai Ketua Ansharullah (Internasional). Ia telah berkhidmat dalam jemaat ini dengan berbagai macam jabatan sebelum terpilih sebagai Khalifatul Masih.

Hz. Mirza Tahir Ahmad adalah seorang ulama besar, ahli pidato yang ulung, penulis yang cemerlang dan seorang penuntun dalam masalah spiritual. Khutbah Jum’at-nya merupakan sumber insprirasi dan pengetahuan yang besar tidak hanya bagi anggota jemaat namun juga bagi orang-orang non-Ahmadi. Khutbah-khutbahnya dipancar-luaskan secara langsung ke seluruh dunia melalui radio, televisi dan jaringan-jaringan satelit.

 

Hz. Mirza Tahir Ahmad banyak melakukan perjalanan keliling dunia dan bertemu dengan para pemimpin negara, kaum intelektual bereputasi internasional, politisi, penulis dan jurnalis.

Baru-baru ini seorang penulis dari Inggris Mr. Ian Adamson telah membuat tulisan tentang riwayat hidup Hz. Mirza Tahir Ahmad. Judulnya adalah ‘A Man of God’. Pidato dan karangannya telah diberitakan secara luas dalam dunia pers internasional.

 

Al-Quran Suci telah diterjemahkan dalam 50 bahasa dunia dibawah kepemimpinannya. Ia juga merencanakan untuk menerbitkan Al-Quran Suci dalam 100 bahasa dunia. Ia telah meluncurkan suatu rencana untuk mengangkat masyarakat Afrika dan negara-negara lainnya di Dunia Ketiga. Hz. Mirza Tahir Ahmad menikah dan memiliki empat orang anak perempuan.

T – Apakah nama organisasi-organisasi utama yang ada dalam Jemaat Ahmadiyah ?

J – Jemaat Ahmadiyah memiliki beberapa asosiasi organisasi. Asosiasi perempuan dinamakan ‘Lajnah Imaillah’, yang terdiri dari dua bagian. Perempuan yang berumur sampai dengan 15 tahun disebut Nasiratul Ahmadiyah. Yang diatas 15 tahun disebut Lajnah Imaillah. Kaum lelaki dalam Jemaat dibagi dalam tiga asosiasi. Anak-anak yang berumur antara 8 sampai dengan 16 tahun dinamakan Athfalul Ahmadiyah. Yang berumur antara 15 sampai dengan 40 tahun disebut Khuddamul Ahmadiyah. Asosiasi ini adalah yang paling aktif dari antara tiga asosiasi laki-laki yang ada. Asosiasi organisasi kaum lelaki yang berumur diatas 40 tahun disebut Ansharullah.

T – Dimanakah misi Islam Ahmadiyah yang pertama kali didirikan diluar benua Indo-Pakistan ?

J – Misi yang pertama didirikan diluar India adalah di London yang direalisaskan pada tahun 1914 oleh Hz. Chaudhri Fateh Muhammad Sial, mubaligh pertama Ahmadiyah di Inggris. Pada tahun 1924, Mesjid London dibangun oleh Jemaat Ahmadiyah yang seluruh dananya dibiayai oleh kaum perempuan anggota Jemaat. Misi di London telah mendapat kehormatan dengan dikunjungi dua kali oleh Hz. Khalifatul Masih II dan delapan kali dikunjungi oleh Hz. Khalifatul Masih III selama masa Khilafatnya. Misi di London juga menerbitkan majalah bulanan bernama Muslim Herald.

T – Berapa banyak misi-misi Ahmadiyah di seluruh dunia ?

J – Ada banyak misi-misi Ahmadiyah, diseluruh Afrika Barat dan Timur, di Singapore, Indonesia, Jepang, Filipina, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jerman, Swiss, Spanyol, Denmark, Swedia dan Mauritius. Juga tersebar Jemaat Ahmadiyah di 120 negara di dunia ini.